Instal XP Lewat Flashdisk

Instal Windows XP pada komputer yang tidak memiliki drive optik (hardware) memang agak ribet. Salah satu metode yang biasa dipakai antara lain memanfaatkan DVDROM external berbasis USB atau langsung memakai USB Flashdisk sebagai media installernya. Nah, teman2 berikut adalah cara bagaimana instal XP lewat flashdisk.

File-file yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

1. USB Prep8. Download disini
2. PeToUSB 3.0.0.7. Download disini

Langkah-langkah:
  1. Ekstrak kedua file sesuai keinginan Anda dengan menggunakan WinZip atau WinRar (Lebih baik buat Folder baru), sebaiknya File PeToUSB_3.0.0.7.zip dijadikan satu folder bersama File usb_prep8.zip atau sebaliknya.
    Tancapkan USB flash disk ke salah satu port USB. Ingat posisi drive-nya. Apakah F:, G:, H:, dan sebagainya.
  2. Masukkan CD instalasi Windows XP ke optical drive. Jika komputer menjalankan proses instalasi secara otomatis, batalkan saja dan tutup semua aplikasi yang tengah berjalan.
  3. Selanjutnya, buka folder di mana teman2 mengekstrak aplikasi modul pembuat instalasi.
  4. Jalankan file bernama “usb_prep8.bat” maka di layar monitor akan tampak jendela Command Prompt berisi macam-macam perintah. Jika sudah muncul tulisan “Press any key to continue,” tekan sembarang tombol untuk konfirmasi.
  5. Di layar akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta teman2 memformat USB flash disk. Tak perlu mengubah setting apa pun, langsung klik Start untuk mulai proses format. Jawab konfirmasi sesuai kebutuhan teman2.
  6. Jika sudah selesai, tutup jendela PEtoUSB (jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika teman2 menjalankan usb_prep8.bat), maka di layar akan muncul opsi-opsi dari 0 hingga 5.
  7. Gunakan opsi 1 untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk. Disini, tentukan di drive mana teman2 menyimpan instalasi Windows XP. Pilih saja optical drive di mana sudah ada CD Windows XP di dalamnya, atau pilih folder pilihan, jika teman2 sudah menyalin file instalasi Windows XP ke folder tertentu.
  8. Pilih opsi 3 untuk menentukan di mana teman2 mencolok flash disk. Kalau flash disk berada di drive F:, maka ketik F dan tekan ENTER. Jika drive G: maka ketik G dan tekan ENTER, begitu seterusnya berlaku untuk drive lain.
  9. Selanjutnya pilih opsi 4 untuk mulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk secara otomatis. Jawab apa pun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK atau bentuk persetujuan lain.

Kini flash disk teman2 telah siap digunakan untuk instalasi Windows XP! Silahkan melakukan setting pada BIOS, dan pilih Removable Disk (atau apa pun nama lainnya) sebagai media pertama yang dijalankan saat booting.

Untuk yang menggunakan sistem RAID, coba pakai Nlite. Selamat belajar..

1 komentar:

bezo mengatakan...

makasih.....

Posting Komentar