Elemen Tampil di Halaman Depan Saja

Teman2 mungkin pernah melihat suatu blog yang halaman depan dan halaman dalam nya berbeda, maksudnya ketika berada di halaman depan blog semua sidebar yang ada pada blog itu terlihat disitu, tetapi ketika teman2 mengklik salah satu artikel dari blog tersebut dan masuk kedalan halaman blog,

sidebar-sidebar yang terlihat di halaman depan ada salah satu atau beberapa sidebar yang tidak terlihat. Bingung ya?

Agar teman2 tidak menjadi bingung, hehehe... disini penulis akan memberikan blog nge-tik sebagai contohnya, coba teman2 klik disini, kemudian klik disini (jangan lupa, perhatikan blog tersebut! hehehe...).

Pada klik yang Pertama, teman2 berada di halaman depan blog nge-tik, dimana semua sidebar-sidebar disitu bisa dilihat oleh teman2, ada sidebar atas yang berisi: alih bahasa dan kirim e-mail via feedburner, chat,  sidebar kiri: tools & info site, arsip blog, sidebar kanan: blogroll, label hingga ke sidebar bawah yang berisi: teman2, penulis dan pengikut.

Pada klik yang Kedua, teman2 pasti tidak melihat sidebar bawah disitu, iya kan? nah maksud nya penulis disitu, bagaimana teman2 sudah tidak bingung lagi? hehehe...

Untuk membuat sidebar bawah itu tidak tampil dan hanya tampil di halaman depan blog saja, ada sebuah kode yang harus disisipkan. Kode nya sebagai berikut:

<b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>

</b:if>

Nah, sekarang teman2 tinggal memilih sidebar-sidebar mana saja yang ingin tampil di halaman depan blog teman2, jangan lupa sisipkan kode yang berwarna merah diatas. Caranya:
  1. Sign-in di www.blogger.com.
  2. Masukkan Username dan Password.
  3. Klik Tata Letak, terus klik Edit HTML.
  4. Sebaiknya download terlebih dahulu template blog teman2 dengan mengklik Download Template Lengkap, jangan lupa simpan yang bener, hehehe...
  5. Setelah itu teman2 cari kode sidebar yang dipilih untuk tampil di halaman depan saja. Misalnya sidebarbottom yang ingin ditampilkan di halaman depan blog, menyisipkan kode nya sebagai berikut:
  6. <b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
    <div id='sidebarbottom'>
    <b:section class='sidebar' id='sidebar3' preferred='yes'/>
    </div>
    </b:if>
  7. Kode yang berwarna hijau diatas adalah kode yang harus diganti dengan kode sidebar blog teman2. Dimana sidebar tersebut akan ditampilkan di halaman depan saja.   
  8. Kemudian jangan lupa klik Simpan Template.
Nah, sekarang teman2 coba klik salah satu posting blog teman2, lihat sidebar yang sudah disisipkan kode  berwarna merah diatas, terlihat atau tidak? selamat mencoba...

    5 komentar:

    Themed Weekend Breaks mengatakan...

    Sounds like a great tool.

    Zach mengatakan...

    will look into this.

    Rajnish mengatakan...

    Hey, Thanks for sharing this. I would like to tell you, This is extremely wonderful and I really liked it.
    I always like to read on these topics and one of the best thing is that,
    I am looking for this from a long time. Thank you for this again.

    Rajnish Kumar

    adin mengatakan...

    wah keren, makasih infonya, saya pengen coba untuk blog blogspot saya...

    Unknown mengatakan...

    thakx

    Posting Komentar