Memilih dan Mengganti Template Blog

Teman2 yang sudah buat blog di blogger harus memilih sebuah template yang sekiranya cocok dan semenarik mungkin menurut teman2.  Template adalah design / layout atau tampilan dari sebuah weblog atau website (situs) yang memuat isi
atau konten dari situs itu sendiri.

Template mempunyai peranan penting bagi sebuah situs. Pengunjung akan betah nongkrong (nongkrong? kayak dimana aja ya, hehehe...) di sebuah situs apabila situs tersebut memiliki design yang bagus atau menarik, apalagi di tambah dengan kerapihan (kayak baju seragam aja, harus dirapihkan...) dalam meletakkan widget-widget tambahan pada situsnya. 

Pada blogger (blogspot), teman2 disediakan template-template yang siap digunakan, mulai dari template yang bernama Minima, Denim, Rounders hingga Simple II. Untuk melihat bagaimana template itu menampilkan design nya, teman2 bisa mengklik pratayang, nah disitu teman2 bisa melihat apakah template tersebut cocok dan menarik? jika iya, teman2 pilih template tersebut dan klik Simpan Template. Mudahkan?

Mungkin teman2 pernah melihat sebuah blog dengan template yang berbeda tidak seperti yang disediakan di bloggger (blogspot). Teman2 jangan heran, hehehe... bisa jadi template itu buatan si pemilik  blog itu sendiri atau dia mendownload template tersebut dari tempat lain dan dipasang di blognya. Nah, bagi teman2 yang ingin melihat-lihat atau mungkin mau menggunakan template yang berbeda dengan yang ada di blogspot, teman2 bisa klik disini.

Untuk melihat bagaimana performance dari template yang ada di situs ini, teman2 bisa mengklik Live Demo, apabila teman2 menginginkan template itu, klik Download dan simpan file tersebut.

Bagaimana cara memasang template yang sudah di download tersebut pada blog teman2? ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Sign-in di www.blogger.com.
  2. Isi Username dan Password yang sesuai ketika teman2 mendaftar di blogger.
  3. Setelah masuk, klik Tata Letak.
  4. Klik Edit HTML.
  5. Sebaiknya teman2 menyimpan terlebih dahulu template yang sudah digunakan dengan mengklik Download Template Lengkap, kemudian simpan file tersebut (jangan dibuang ya...hehe, siapa tahu teman2 mau menggunakannya kembali).
  6. Setelah itu baru mengupload file template yang sudah di download dan telah di simpan oleh teman2 (hayo.. disimpan dimana file templatenya? hehehe). Klik Browse (cari dan buka file template tersebut) kemudian klik Upload. Tunggu beberapa saat hingga proses perubahan template selesai.
  7. Kemudian klik Simpan Template. Nah, sekarang teman2 coba klik Lihat Blog. Gimana, sudah berubah wujudkah blognya? hehehe
Apabila teman2 kurang cocok dengan template tersebut, teman2 bisa mengembalikan ke template yang sudah di gunakan sebelumnya (template asli dari blooger) yang teman2 sudah download dan disimpan, cara mengembalikan ke template sebelumnya, sama seperti ketika teman2 mengupload template yang bukan dari blogger ke blog teman2 tadi. Lihat langkah No. 6-7

Mudahkan memilih dan mengganti template blog? Selamat belajar..

2 komentar:

fagodi mengatakan...

Very good templates for creating websites from scratch, I think to try to put on your site, it is interesting to test them with new widgets.

Ferienwohnungen mengatakan...

Very great article, and resutl. nice!

Posting Komentar